• SMP ISLAM MA'ARIF 02 KOTA MALANG
  • Menguatkan Generasi Shaleh, ‘Alim, Dan Mandiri

Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP 2020)

 Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP 2020)

Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP 2020) merupakan perangkat akreditasi yang baru yang menerapkan pendekatan baru dalam penilaian akreditasi sekolah madrasah yaitu dari compliance menuju performance.

Pergeseran paradigma dalam pelaksanaan akreditasi ini mutlak diperlukan sebagai bagian penting dari usaha BAN-S/M sebagai lembaga penjamin mutu pendidikan untuk ikut ambil bagian dalam mendorong continuous improvement yaitu perubahan akreditasi sekolah madrasah ke arah yang lebih baik.

Akreditasi pada akhirnya tidak bergantung pada pemenuhan aspek yang bersifat administratif tetapi akan difokuskan pada penilaian sekolah madrasah pada pemenuhan mutu yang lebih substantif.

Pengertian Akreditasi

Akreditasi adalah kegiatan penilaian kelayakan program dan/atau satuan pendidikan berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan sebagaimana dinyatakan pada UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pasal 1 ayat (22).

Akreditasi sekolah/madrasah adalah proses penilaian secara komprehensif terhadap kelayakan satuan atau program pendidikan, yang hasilnya diwujudkan dalam bentuk pengakuan dan peringkat kelayakan dalam bentuk yang diterbitkan oleh suatu lembaga yang mandiri dan profesional.

Kelayakan program dan/atau satuan pendidikan mengacu pada SNP. SNP adalah kriteria minimal tentang sistem pendidikan di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia. Oleh karena itu, SNP harus dijadikan acuan guna memetakan secara utuh profil kualitas sekolah/madrasah.

Tujuan Akreditasi

Akreditasi sekolah/madrasah bertujuan untuk:

 

  1. memberikan informasi tentang kelayakan sekolah/madrasah atau program yang dilaksanakannya berdasarkan SNP;
  2. memberikan pengakuan peringkat kelayakan;
  3. memetakan mutu pendidikan berdasarkan SNP; dan
  4. memberikan pertanggungjawaban kepada pemangku kepentingan (stakeholder) sebagai bentuk akuntabilitas publik.

 

 

Manfaat Hasil Akreditasi

Hasil akreditasi sekolah/madrasah bermanfaat sebagai:

 

  1. acuan dalam upaya peningkatan mutu dan rencana pengembangan sekolah/madrasah;
  2. umpan balik dalam usaha pemberdayaan dan pengembangan kinerja warga sekolah/madrasah dalam rangka menerapkan visi, misi, tujuan, sasaran, strategi, dan program sekolah/madrasah;
  3. motivasi agar sekolah/madrasah terus meningkatkan mutu pendidikan secara bertahap, terencana, dan kompetitif baik di tingkat kabupaten/kota, provinsi, nasional bahkan regional dan internasional;
  4. bahan informasi bagi sekolah/madrasah untuk mendapatkan dukungan dari pemerintah, masyarakat, maupun sektor swasta dalam hal profesionalisme, moral, tenaga, dan dana; serta
  5. acuan bagi lembaga terkait dalam mempertimbangkan kewenangan sekolah/ madrasah sebagai penyelenggara ujian nasional.

 

Bagi kepala sekolah/madrasah, hasil akreditasi diharapkan dapat dijadikan bahan informasi untuk pemetaan indikator kelayakan sekolah/madrasah, kinerja warga sekolah/madrasah, termasuk kinerja kepala sekolah/madrasah selama periode kepemimpinannya. Di samping itu, hasil akreditasi juga diperlukan kepala sekolah/madrasah sebagai bahan masukan untuk penyusunan program serta anggaran pendapatan dan belanja sekolah/madrasah.

Bagi guru, hasil akreditasi merupakan dorongan untuk selalu meningkatkan diri dan bekerja keras dalam memberikan layanan terbaik bagi peserta didik guna mempertahankan dan meningkatkan mutu sekolah/madrasah. Secara moral, guru senang bekerja di sekolah/madrasah yang diakui sebagai sekolah/madrasah bermutu.

Bagi masyarakat dan khususnya orangtua peserta didik, hasil akreditasi diharapkan menjadi informasi yang akurat tentang layanan pendidikan yang diberikan oleh setiap sekolah/madrasah, sehingga secara sadar dan bertanggung jawab masyarakat dan khususnya orangtua dapat membuat keputusan dan pilihan yang tepat terkait pendidikan anaknya sesuai kebutuhan dan kemampuannya.

Bagi peserta didik, hasil akreditasi mampu menumbuhkan rasa percaya diri bahwa mereka memperoleh pendidikan yang bermutu, dan sertifikat akreditasi merupakan bukti bahwa mereka mengikuti pendidikan di sekolah/madrasah yang bermutu.

Bagi pemerintah hasil akreditasi dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam menyusun kebijakan peningkatan mutu pendidikan nasional.

 

Download Panduan dan Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP 2020)

 

  1. Pedoman Akreditasi           (Unduh)
  2. IASP Jenjang SLB/MLB    (Unduh)
  3. IASP Jenjang SD/MI          (Unduh)
  4. IASP Jenjang SMP/MTs    (Unduh)
  5. IASP Jenjang SMA/MA     (Unduh)
  6. IASP Jenjang SMK/MAK  (Unduh)
Semoga Bermanfaat.

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
APA OFFICE 365?

Microsoft office selalu meluncurkan program program terbarunya, hal ini membuktikkan dijaman yang semakin modern ini micorosoft office tetap menunjukkan eksistensinya. Salah satu progra

09/12/2020 12:07 - Oleh Administrator - Dilihat 167 kali
Contoh Soal AKM Numerasi dan Literasi di Asesmen Nasional 2021

Tahun 2021, Ujian Nasional akan diganti menjadi Asesmen Nasional yang mengukur tiga komponen utama yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkung

09/12/2020 11:43 - Oleh Administrator - Dilihat 5895 kali